Cara Mengatasi Internal Server Erorr Pada WordPress

by / Monday, 30 January 2017 / Published in Wordpress

Cara Mengatasi Internal Server Erorr Pada WordPress – Jika anda telah menjelajah di internet lebih dari setahun pasti pernah melihat HTTP 500 Internal Server Error beberapa kali bukan? Internal server error adalah salah satu error pada WordPress yang dapat membuat seorang blog pemula panik. Nah, pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi internal server error pada WordPress dengan menghimpun beberapa solusi yang mungkin bisa digunakan.

Mengapa mengalami Internal Server Error pada WordPress?

Internal server error bukan masalah yang spesifik pada WordPress, dan hal ini bisa terjadi dengan server anda juga. Internal server error pada WordPress sering disebabkan oleh plugin atau tema yang digunakan.Kemungkinan penyebab yang lain adalah file .htaccess yang corrupt dan PHP memory limit. Kita juga sering melihat internal server error hanya terjadi ketika anda mencoba mengakses admin area tapi halaman yang lainnya masih berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi Internal Server Error pada WordPress

1. Cek file .htaccess yang corrupt

Langkah pertama yang perlu anda lakukan ketika mengatasi internal server error pada WordPress adalah dengan mengecek file .htaccess yang corrupt. Anda dapat melakukannya dengan merename file .htaccess dengan sesuatu seperti .htaccess_old. Untuk merename file .htaccess, anda perlu melakukan login ke situs anda dengan menggunakan FTP. Jika anda sudah masuk, file .htaccess akan terletak di direktori yang sama dimana anda melihat folder wp-content, wp-admin, dan wp-includes.

Jika anda sudah merename file .htaccess, cobalah untuk membuka situs anda untuk melihat jika hal ini telah menyelesaikan masalah. Jika sudah, maka anda telah berhasil mengatasi internal server error pada WordPress. Sebelum anda melakukan sesuatu yang lain, pastikan anda menuju ke settings >> permalinks dan klik save. Hal ini akan menggenerate file .htaccess yang baru untuk dengan rewrite rules yang baik untuk memastikan bahwa halaman post anda tidak mengalami 404.

BACA JUGA  10 Manfaat dan Keuntungan Memiliki Website Bagi Perusahaan

Jika mengecek file .htaccess yang corrupt tidak menyelesaikan masalah, maka anda perlu membaca solusi selanjutnya.

2. Meningkatkan PHP memory limit

Kadang-kadang masalah ini bisa terjadi jika anda mencapai PHP memory limit.

Jika anda melihat masalah internal server error hanya ketika mencoba untuk login ke admin WordPress atau mengupload gambar di wp-admin, makan anda harus meningkatkan memory limit dengan cara berikut:

1. Buat text file kosong dengan nama “php.ini”

2. Paste kode ini: memory=64MB

3. Save

4. Upload ke folder /wp-admin/ dengan FTP

Jika meningkatkan memory limit mengatasi masalah internal server error anda, maka anda telah menyelesaikannya sementara. Alasan mengatakan hal ini adalah karena pasti ada sesuatu yan menyebabkan memory limit. Ini bisa saja karena plugin atau bahkan tema yang anda gunakan.

Jika meningkatkan limit memori PHP tidak menyelesaikan masalah, maka anda berada dalam situasi trouble shooting yang serius .

3. Matikan semua plugin

Jika solusi di atas tidak bekerja untuk anda, maka masalah ini  pasti disebabkan oleh sebuah plugin. Mungkin juga disebabkan oleh kombinasi dari plugin yang tidak bekerja denggan baik satu dengan yang lainnya. Masalahnya, tidak ada jalan pintas untk mengetahui hal ini. Anda harus menonaktifkan semua WordPress plugin.

Jika menonaktifkan semua plugin menyelesaikan maslah, maka anda tahu bahwa salah satu plugin adalah penyebab dari internal server error. Selanjutnya aktifkan plugin satu persatu sampai anda menemukan plugin mana yang menyebabkan masalah. Hapus plugin tersebut, dan laporkan pada pengembang plugin.

4. Mengupload kembali Core File

Jika solusi plugin tidak mengatasi internal server error, maka upload kembali folder wp-admin dan wp-includes . Atau anda dapat melakukan fresh install WordPress. Hal ini tidak akan menghilangkan semua informasi yang anda miliki, mungkin bisa menyelesaikan masalah internal server error.

BACA JUGA  Membuat jumlah terbaca (post views) di wordpress tanpa plugin

5. Tanyakan pada penyedia layanan hosting

Jika semua solusi di atas tidak bekerja, maka anda perlu untuk berkomunikasi dengan penyedia layanan hosting yang anda gunakan. Dengan melihat log dari server, mereka pasti tahu penyebabnya.

Itulah beberapa cara mengatasi internal server error pada WordPress. Jika solusi di atas dapat menyelesaikan masalah anda, maka tinggalkan komentar di bawah. Bagaimana anda mengatasi internal server error pada WordPress di masa lalu? Jika anda tahu solusi yang lain, maka tuliskan melalui komentar di bawah.

Cara Mengatasi Internal Server Erorr Pada WordPress
5 (100%) 1 vote

Leave a Reply

TOP
bank_mandiri > 138-00-1421586-2 | bank_bca > 015-307-642-9 | a.n Arif Setyo Wibowo | Konfirmasi : 082135401204